Daftar Makanan yang Dapat Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sistem kekebalan tubuh harus dijaga dengan baik karena memiliki fungsi untuk melindungi diri agar tidak terkena berbagai macam penyakit. Jika daya tahan tubuh terjaga dengan baik, maka penyakit-penyakit yang disebabkan bakteri maupun virus tidak mudah menginfeksi tubuh. Antibodi yang terbentuk dari sistem imunitas dapat mengatasi toksin atau racun yang dihasilkan oleh mikorganisme penyebab penyakit. Banyak cara yang dapat dilakukan agar dapat meningkatkan kekebalan tubuh, salah satunya yaitu dengan memilih pola makan sehat dan seimbang. Beberapa makanan tertentu memiliki kandungan yang berpengaruh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu dengan asupan gizi lengkap adalah hal penting dalam menjaga kekebalan tubuh yang dimiliki, dan membantu fungsi organ tubuh dapat bekerja secara optimal.

Sistem kekebalan tubuh adalah perlindungan utama agar terhindar dari berbagai penyakit. Apalagi di masa pandemi Covid-19 sekarang ini, dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh menjadi salah satu pilihan agar dapat mencegah tertular oleh virus corona. Selain itu menyadari pentingnya menjaga pola makan dengan menghindari konsumsi berlebihan makanan yang digoreng, daging olahan, dan tinggi gula. Yang perlu ditingkatkan yaitu perbanyak asupan kadar vitamin dan mineral yang dapat diperoleh dengan mengkonsumsi buah dan sayuran. Contoh beberapa jenis makanan yang direkomendasikan sudah terbukti dalam meningkatkan imunitas tubuh, antara lain :

Buah Jeruk

Menjamin kebutuhan nutrisi tercukupi dari makanan yang dikonsumsi merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan imunitas tubuh. Vitamin C sangat diperlukan dalam menjaga pertahanan kulit dan jaringan mukosa yang merupakan kunci agar terhindar dari radang. Saat ini banyak yang mencari sumber vitamin C untuk mengatasi berbagai penyakit akibat kurangnya imunitas tubuh yang dimiliki, salah satunya yaitu buah jeruk. Buah jeruk dapat dengan mudah diolah atau dikonsumsi secara langsung. Dengan rasa yang enak dan segar, maupun banyaknya variasi jenis jeruk yang dapat dipilih, maka buah jeruk merupakan salah satu sumber vitamin C yang paling digemari.

Yogurt

Makanan yang dapat meningkatkan imun tubuh lainnya yang dapat dikonsumsi secara rutin adalah yogurt. Yogurt merupakan jenis makanan penambah imun tubuh yang sangat kaya akan probiotik alami yang berperan dalam pembentukan bakteri baik dalam tubuh. Kandungan bakteri baik dalam yogurt terbukti membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Disarankan untuk memilih yogurt tanpa rasa rendah gula. Untuk meningkatkan cita rasa saat mengkonsumsi yogurt, dapat menambahkan buah-buahan yang juga memiliki kandungan vitamin dan mineral yang tinggi dan dapat lebih menunjang system pertahanan tubuh kita.

Brokoli

Brokoli merupakan sayuran sehat yang dikenal kaya akan manfaat dan memiliki banyak kandungan nutrisi yang beragam. Brokoli sendiri memliki kadar vitamin C yang sangat tinggi dan terbukti dapat meningkatkan daya tahan tubuh saat rutin mengonksumsi brokoli. Sayuran ini dapat dikonsumsi dengan cara direbus, dikukus, ditumis, maupun diolah menjadi masakan seperti campuran sup.

Bayam

Makanan selanjutnya yang dianjurkan yaitu bayam. Bayam sendiri dikenal sebagai salah satu jenis super food dan sangat mudah diperoleh di Indonesia. Kandungan bayam sendiri kaya akan nutrisi. Kandungan yang dimiliki seperti sumber vitamin K, vitamin A, folat, vitamin B2 dan B6, vitamin E, kalsium dan vitamin C yang sangat baik bagi tubuh. Oleh karena itu bayam dipercaya dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan infeksi. Selain mudah diperolah, harganya pun sangat murah. Sehingga bayam menjadi salah satu makanan yang dapat dikonsumsi oleh semua kalangan. Dianjurkan untuk tidak memasak bayam terlalu lama agar kandungan nutrisi yang dimiliki tetap terjaga.

Remah-Rempah

Ada pula jenis rempah-rempahan yang dapat dijadikan sebagai pilihan makanan penambah imun tubuh. Salah satunya yaitu kunyit yang dikenal bersifat antioksidan dan perannya sebagai anti inflamasi. Kunyit sudah terbukti digunakan selama bertahun-tahun untuk membantu mengurangi penyakit peradangan pada tulang dan sendi. Kunyit sendiri memiliki kandungan senyawa kurkumin yang berperan sebagai agen untuk membantu mempercepat fase penyembuhan luka dan infeksi. Selain itu kurkumin juga dapat membantu mengurangi kerusakan otot yang biasanya diakibatkan saat berolahraga.

Bawang putih

Biasanya digunakan untuk menambah cita rasa masakan, ternyata bawang putih juga berkhasiat untuk kesehatan dan sering digunakan untuk keperluan medis. Sejumlah penelitian menyimpulkan dengan mengkonsumsi bawang putih dapat menurunkan tekanan darah, kadar kolesterol dalam tubuh, memperbaiki sirkulasi darah, dan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Jahe

Dikenal sebagai tanaman herbal golongan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai campuran makanan dan minuman. Jahe sendiri dapat membantu mengurangi reaksi peradangan, mengatasi sakit tenggorokan dan penyakit radang lainnya. Jahe juga dapat membantu mengatasi mual, dan dapat menghangatkan tubuh saat kita kedinginan atau terkena pilek. Jahe juga ternyata memiliki efek antioksidan yang berfungsi untuk menangkal radikal bebas

Teh

Kandungan dari teh sangat baik baik tubuh, karena mengandung polifenol dan flavonoid yang dapat membantu melawan penyakit. Polifenol dan plavonoid merupakan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas. Pada teh jenis green tea juga tinggi akan epigallocatechin gallate (EGCG) yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Berita Lainnya